√ Pengertian Investasi Jangka Panjang, Tujuan, Bentuk, Jenis & Contoh

Pengertian Investasi Jangka Panjang, Tujuan, Bentuk, Jenis & Contoh – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang investasi jangka panjang. Yang meliputi pengertian investasi jangka panjang, tujuan investasi jangka panjang, bentu-bentuk investasi jangka panjang dan jenis-jenis serta contoh investasi jangka panjang yang dijelaskan dengan lengkap dan ringan. Untuk lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Investasi Jangka Panjang, Tujuan, Bentuk, Jenis & Contoh

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang yaitu investasi yang mana dana yang digunakan akan diputar dan baru dapat dicairkan apabila sudah tiba jangka waktu tertentu biasanya paling cepat 1 tahun. Investasi jangka panjang juga bisa diartikan sebagai penanaman sebagian kekayaan modal dari seseorang atau perusahaan terhadap perusahaan atau personal lain untuk mendapatkan penghasilan tetap atau menguasai objek lain tersebut. Ada beberapa jenis investasi jangka panjang, seperti rumah, tanah, saham, obligasi dan lain-lain.

Tujuan Investasi Jangka Panjang

Tujuan dari investasi jangka panjang adalah sebagai berikut:

  • Mengarahkan dana khusus, misalnya dana untuk kepentingan sosial atau kepentingan ekspansi suatu perusahaan
  • Pengendali atau pengontrol perusahan atau orang tertentu dengan kepemilikan usaha tersebut
  • Menjamin adanya bahan baku dan pasar untuk produk yang akan dihasilkan
  • Menurunkan persaingan antar perusahaan sejenis
  • Mendapatkan penghasilan pasif dalam setiap periode, seperti bunga, royalti, deviden atau uang sewa.

Bentuk Investasi Jangka Panjang

Terdapat banyak pilihan untuk perusahaan atau perorangan dalam menentukann bentuk investasi jangka panjang. Seperti dalam bentuk tanah atau bangunan disebut dengan investasi properti. Ada juga yang menginvestasikan dalam bentuk tabungan atau deposito, membeli saham atau obligasi.

Untuk suatu perusahaan bisa melakukan investasi jangka panjang dalam bentuk obligasi atau saham. Jika dibandingkan, kedua bentuk investasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

Jenis-Jenis Investasi Jangka Panjang

Jenis-jenis dari investasi jangka panjang, antara lain sebagai berikut:

  • Emas

    Emas adalah logam mulia 99,99% yang sangat berharga dan langka yang bisa diterima oleh semua kalangan. Emas dapat dengan mudah dibentuk atau sering dipergunakan sebagai perhiasan. Investasi emas adalah investasi jangka panjang yang aman serta mengutungkan.

    Di kondisi yang tidak menentu, emas mempunyai nilai jual yang lebih stabil dan dianggap sebagai pengganti mata uang tanpa batasan asset yang penting dan aman kapan saja bisa dijadikan uang ketika dibutuhkan. Nilai tukar US Dollar yang sama dan searah dengan emas, sehingga banyak orang yang melakukan investasi emas.

  • Properti

    Bentuk lain dari investasi jangka panjang adalah investasi berupa properti mulai dari tanah, rumah, ruko, apartemen, kebun dan sebagainya.

  • Saham

    Suatu perusahaan dapat mendapatkan dana dari para investor dengan cara menerbitkan atau mengeluarkan saham. Berbeda dengan obligasi, saham adalah suatu pernyataan dan bukan surat hutang dan tidak membutuhkan penebusan penerbitannya

  • Reksa Dana

    Para investor dapat melakukan investasi tetapi secara tidak langsung, yakni memakai perantara perusahaan reksa dana. Dana yang sudah dikumpulkan dari para investor dalam jumlah yang besar akan meningkatkan posisi tawar-menawar dari perusahaan reksa dana.

  • Program Pensiun

    Perusahaan asuransi di Indonesia sudah sangat banyak dan telah memasarkan dan memperkenalkan produk unggulan yang telah dipadukan dengan program investasi dana pensiun. Sampai apabila sudah tiba masa pensiun, investor akan mendapatkan sejumlah dana yang asalnya dari hasil pengembangan dari pihak perusahaan asuransi.

    Namun demikian, investasi program pensiun tidak banyak mendapatkan bunga jika dibandingkan dengan menabung pada suatu bank tertentu yang sifat bunganya lebih besar. Hasil dari investasi dengan program pensiun juga tidak menentu daripada investasi lain. Besarnya keuntungan dan bunga yang akan didapatkan seringkali bergantung dari besar kecilnya keuntungan yang diperoleh perusahaan asuransi.

  • Obligasi

    Obligasi yaitu surat bukti telah memberikan pinjaman kepada pihak yang menerbitkan obligasi dan harus dilunasi ketika tanggal jatuh temponya. Obligasi juga mempunyai hak atas pembagian keuntungan, apabila diterima oleh pemegang obligasi yang berbentuk badan, dengan rekarakterisasi sebagai deviden, bagian keuntungan yang diterima itu tidak dikenakan pajak.

  • Asuransi

    Asuransi yaitu sebuah perjanjian antara tertanggung yakni dan penanggung yakni perusahaan asuransi. Asuransi berasal dari kata Insurance yang artinya pertanggungan. Penanggung akan bersedia menanggung sejumlah kerugian yang sangat mungkin terjadi di masa mendatang sesudah tertanggung menyepakati pembayaran uang tersebut dengan premi.

Pengertian Investasi Jangka Panjang, Tujuan, Bentuk, Jenis-Jenis Dan Contoh

Contoh Investasi Jangka Panjang

  • Properti (apartemen, hotel dll)
  • Tanah (kontrakan, kos-kosan)
  • Emas batangan

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Investasi Jangka Panjang, Tujuan, Bentuk, Jenis & Contoh, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.

Daftar Isi